Blog Membahas Kata Kata, Fashion, Kecantikan, Hiburan, Kesehatan, Kuliner, Lifestyle, Elektronik, Olahraga, Otomotif, Family, Teknologi, Wisata dan Lain - Lain Yang Menarik Buat Dibaca

Membuat Hampers Lebaran Berkesan? Yuk, Simak Caranya Berikut Ini

Memberikan hampers lebaran bagi orang terdekat seperti kerabat, sahabat, tetangga, dan lainnya, tentu harus disesuaikan dengan budget Anda. Jangan memaksakan budget yang menjadikan pengeluaran lebaran membengkak, simak cara membuat sendiri hampers istimewa dan hemat biaya, sebagai berikut.


Membuat Daftar Penerima Hampers

Menentukan siapa saja penerima hampers lebaran merupakan langkah awal yang perlu dilakukan, untuk memastikan banyaknya jumlah hampers yang dibuat. Melalui langkah ini, maka memudahkan Anda menghitung estimasi budget yang dibutuhkan untuk membuat hampers, bahkan mempermudah penentuan tema bingkisan. 

Menghitung Anggaran
Setelah membuat daftar penerima hampers dan menentukan jumlahnya, kemudian Anda perlu menghitung budget. Menurut perencana keuangan, sebaiknya anggaran hampers berasal dari Tunjangan Hari Raya (THR) yang diperoleh individu. 

Anggaran hampers bisa ditentukan sekitar 10% sampai 20% dari anggaran lebaran yang Anda miliki. Apalagi saat lebaran Anda juga membagikan amplop atau membeli kebutuhan lainnya untuk hari raya. 

Ketika anggaran hampers sudah diperhitungkan secara keseluruhan, kemudian dibagi dengan jumlah penerima. Budget bisa dibagi secara merata, atau bisa juga dibedakan untuk beberapa orang terdekat. 

Walaupun dibedakan, pastikan anggaran hampers secara keseluruhan tidak melebihi 20%, karena masih ada keperluan lain untuk hari raya. 

Menentukan Isi Bingkisan
Sebaiknya, tema hampers yang ditentukan bisa bermanfaat untuk penerimanya, misalnya memilih paket hampers new normal kit. Opsi lainnya seperti satu set peralatan makan travelling, berbagai keperluan memasak, hijab, makanan kering, dan sebagainya. 

Jika hampers ditujukan bagi sanak saudara, maka bisa mengisinya dengan aneka kue kering buatan sendiri. Selain menghemat anggaran, kue kering buatan sendiri tentunya lebih spesial dan menciptakan kesan tersendiri. 

Menggunakan Box Kraft
Kini, hamper dikemas menggunakan box kraft yang memiliki harga lebih terjangkau daripada keranjang rotan. Box kraft menjadi salah satu box favorit untuk packaging box dan memiliki daya tahan kuat.

Apalagi bentuk dan warna box kraft bervariasi, sehingga membantu hampers Anda terlihat cantik, rapi dan ringkas. Box kraft juga menampilkan hampers yang terkesan elegan dan klasik. 

Memastikan Ukuran Box Kraft Sesuai Isinya
Besar dan panjang isi hampers perlu diukur, agar sesuai boxnya, pastikan isi hampers bisa tertutup rapi dengan box kraft. Anda bisa mencoba menata hampers dalam box dahulu, letakkan isi hamper yang besar maupun berat pada bagian paling bawah. 

Menambahkan Kertas Serut
Kertas serut berperan mengisi bagian kosong pada box, sehingga hampers lebaran tampak lebih padat dan penuh. Kertas serut tersedia berbagai macam bentuk dan warna, bisa menambahkan kertas crepe untuk bagian bawah hampers agar terlihat indah. 

Menyisipkan Kartu Ucapan
Hampers lebih sempurna, jika dilengkapi kartu ucapan, sudah banyak tutorial membuat sendiri kartu ucapan lebaran yang cantik dan menarik. Membuat kartu ucapan lebaran secara pribadi dapat memunculkan kesan istimewa bagi penerimanya, selain menghemat anggaran. 

Jika Anda memiliki tulisan tangan yang bagus, maka bisa menuliskan kartu ucapan dengan tangan, yang tentunya lebih terkesan spesial. 

Menghias Hampers dengan Pita dan Sticker
Ketika Anda sudah menata hampers lebaran secantik mungkin dan ditambahkan dengan kartu ucapan. Hiasan lain yang diperlukan untuk menjadikan hampers semakin cantik adalah pita dan sticker custom khusus lebaran. 

Momen kebahagiaan lebaran bersama keluarga maupun sanak saudara semakin lengkap dengan pemberian hampers lebaran. Maka, pemberian hampers harus melalui sejumlah pertimbangan, meskipun budgetnya murah dan membuat sendiri, tetapi isi hampers tidak boleh asal-asalan. 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar