Blog Membahas Kata Kata, Fashion, Kecantikan, Hiburan, Kesehatan, Kuliner, Lifestyle, Elektronik, Olahraga, Otomotif, Family, Teknologi, Wisata dan Lain - Lain Yang Menarik Buat Dibaca

Simak Ulasan Seputar Ciri-ciri dan Bahaya Penyakit Kusta

Kusta atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan lepra atau Hansen. Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang kulit. Tidak hanya menyerang kulit saja tetapi juga sistem saraf perifer, selaput lendir yang terdapat pada saluran pernapasan dan bisa jadi juga menyerang mata. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycobacteriu lepra yaitu salah satu jenis bakteri yang memerlukan waktu 6 bulan sampai dengan 40 tahun untuk dapat berkembang dalam tubuh. Gejala seseorang terkena lepra dapat diketahui pada kurun waktu 1 sampai dengan 20 tahun yaitu setelah bakteri berhasil menginfeksi tubuh penderita.


Kusta akan menyebabkan luka pada kulit penderita, terjadinya kerusakan saraf, lemahnya otot serta bisa sampai mati rasa. Indonesia adalah salah satu negara yang menempati urutan ketiga di dunia sebagai salah satu negara dengan kasus penyakit lepra tertinggi pada 2015 setelah India dan Brasil. Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang bisa diobati, akan tetapi bagi orang yang menderita penyakit ini akan mendapatkan diskriminasi dari masyarakat karena stigma negatif dari masyarakat tersebut.

Di bawah ini adalah ciri-ciri yang bisa Anda simak untuk mengetahui apa saja gejala yang muncul saat tubuh terkena penyakit lepra:

• Mata akan menjadi kering dan akan jarang sekali berkedip. Apabila sudah parah bisa menyebabkan kebutaan.
• Munculnya lesi pusat dan kulit semakin menebal.
• Saraf akan menjadi lebih besar terutama terjadi pada siku dan lutut.
• Otot akan menjadi lemah hingga terjadi kelumpuhan, terutama pada otot kaki dan tangan.
• Tubuh tidak lagi sensitif bahkan bisa sampai mati rasa terhadap sentuhan, perubahan suhu atau cuaca serta tekanan atau rasa sakit.
• Kehilangan jari jemari.
• Munculnya kerusakan pada hidung yaitu seperti akan menimbulkan mimisan dan hidung tersumbat. Dan yang paling parah yaitu bisa sampai kehilangan tulang hidung.

Untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut, hal-hal yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan sebuah gerakan terpadu sehingga dapat memberikan informasi kepada masyarakat mengenai bahaya penyakit lepra terutama di daerah endemik. Memberikan motivasi kepada masyarakat yang telah terjangkit sehingga mereka akan memeriksakan diri dan mendapatkan pengobatan tepat sehingga mereka tidak akan lagi dikucilkan. Meski sampai saat ini belum ditemukan vaksin yang dapat digunakan untuk mencegah penyakit tersebut, namun pencegahan lebih dini serta pengobatan yang tepat akan memudahkan masyarakat untuk dapat terhindar dari penyakit tersebut. Tindakan pencegahan lain yang dapat Anda lakukan yaitu dengan jangan lakukan kontak fisik dengan hewan yang sudah terinfeksi bakteri lepra tanpa menggunakan sarung pelindung tangan. Jangan bertempat tinggal di kawasan yang memang endemik lepra.

Secara medis untuk mendiagnosis penyakit tersebut yaitu dengan melihat apakah terdapat bercak pucat serta merah pada kulit yang sudah masti rasa serta penebalan saraf. Apabila Anda mendapati ciri-ciri di tersebut segera konsultasikan dengan dokter kulit sebelum penyakit semakin parah dan akan menggerogoti anggota tubuh Anda dan efek yang paling parah yaitu mungkin saja Anda juga akan dikucilkan oleh masyarakat sekitar.

Kusta sebagai salah satu penyakit kulit yang cukup berbahaya meski tidak mudah menular. Namun Anda juga tidak boleh menganggapnya remeh. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit membahayakan yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami kecacatan, mutilasi, hilangnya salah satu anggota gerak seperti jari sampai dengan ulserasi atau borok. Di daerah di Indonesia penyakit ini dapat ditemukan di wilayah Jawa, Sulawesi, Maluku, dan Papua.





Simak Ulasan Seputar Ciri-ciri dan Bahaya Penyakit Kusta